Jumat, 15 April 2011

Anidya Intan

DESAINER muda Indonesia Anindya Intan mengukir prestasi di industri mode Asia sebagai finalis Star Creation 2011. Koleksi yang bertema Scouts Honor ini yang membuat dirinya menjadi finalis.

Anindya mengaku koleksinya tersebut terinspirasi pramuka, seperti semangat, integritas, sportivitas, penghargaan hak-hak terhadap sesama manusia, dan lingkungan hidup.

“Saya melihat adanya kemiripan pramuka dengan tipikal budaya Asia. Karena itu,melalui karakter tersebut diharapkan dapat menerapkannya ke dalam koleksi busana yang telah disiapkan,” kata dia dalam rilis yang diterima Seputar Indonesia.

Syandra Kwan, principal Syandra Kwan Public Relations Agency Indonesia yang ditunjuk untuk memberikan informasi mengenai Asia Fashion Exchange (AFX) 2011 menjelaskan, dengan terpilihnya Anindya sebagi finalis Star Creation 2011, maka hal itu bisa mempromosikan mode Indonesia di ajang internasional.

“Kita tahu bahwa Indonesia memiliki bermacam-macam warisan seni berbusana yang seharusnya dapat dieksplor lebih jauh. Jadi, mengapa kita tidak mendukung desainer muda Indonesia untuk mengeksplor kekayaan warisan ini,” paparnya yang menjelaskan pertama kalinya wakil Indonesia di ajang Star Creation 2011.

Ajang Star Creation ini merupakan bagian ajang Asia Fashion Exchangedi Singapura pada Mei 2011. Para finalisnya berasal dari 11 negara, antara lain Thailand, China, Singapura, Indonesia, Malaysia, India, Filipina, Vietnam, Jepang, Myanmar, dan Nepal.

Ajang ini ditujukan bagi perancang Asia yang berusia 16 sampai 35 tahun, dengan pengalaman maksimal dua tahun di industri mode. Mereka diminta untuk mengumpulkan enam rancangan yang belum pernah dipublikasikan.

Anindya terpilih sebagai 12 finalis setelah dipilih dari 144 peserta dari berbagai negara. Jumlah finalis tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu, yakni dari 10 finalis menjadi 12.

Mereka dipilih berdasarkan kreativitas, orisinalitas dan commercial viability dalam menginterpretasikan tema Internationally Asian. Selanjutnya, koleksi Anindya akan diperagakan di panggung runway oleh model internasional pada 11 Mei mendatang.

Para juri Star Creation tahun ini antara lain David Wang (Chairman untuk Designers & Retailers Group, Textile & Fashion Federation–Singapura), Desmond Yang (Pemilik dan Desainer dari fashion label Abyzz), dan Colin McDowell (Creative Director dari Audi Fashion Festival). Dari 12 finalis ini akan dipilih tiga desainer yang menjadi pemenang Star Creation 2011.

Ketiga pemenang masing-masing berhak mendapatkan uang tunai USD10.000 dan magang selama satu tahun di perusahaan FJ Benjamin.Audi Singapura juga akan menyerahkan penghargaan khusus (The Audi Young Designer Award– AYDA) kepada salah satu pemenang yang desainnya mencakup inovasi, teknologi, dan kemajuan industri mode




Source : OkeZone.Com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar